WASPADA DAMPAK CUACA EKSTRIM DAN PENINGKATAN CURAH HUJAN

Seiring meningkatnya curah hujan pada beberapa hari terakhir dan kondisi cuaca ekstrem yang signifikan terjadi di beberapa wilayah di indonesia, BPBD Kabupaten Ponorogo mengimbau kepada masyarakat untuk waspada akan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, dan pohon tumbang.

Peningkatan debit air dibeberapa sungai menjadi indikator utama curah hujan cukup tinggi terjadi di wilayah Ponorogo masyarakat yang bermukim di sepanjang sungai patut waspada akan terjadinya banjir dan erosi sungai.

Tanah longsor juga turut menjadi ancaman untuk masyarakat yang bermukim di sekitar lereng pegunungan, hujan yang deras lereng yang curam dan tanah yang labil jadi faktor utama.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di hampir seluruh wilayah pulau jawa dan kondisi ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Serta potensi gelombang tinggi di perairan selatan jawa hingga 2,5 meter.

Pengetahuan terkait mitigasi bencana banjir dan longsor menjadi faktor penting di masyarakat, bagaimana antisipasi sebelum terjadi bencana dan tindakan saat terjadi bencana akan mengurangi risiko/dampak yang di timbulkan.

BPBD PONOROGO
21 Nopember 2017