Terus Berbenah, Diskominfo Ponorogo Studi Tiru ke Pacitan

DINAS Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo terus berupaya memperbaiki diri dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Salah satu upayanya adalah melaksanakan studi tiru ke Diskominfo Kabupaten Pacitan.

Dalam kegiatan yang digelar satu hari, Senin (9/12/2019), tersebut, kedua dinas yang wilayahnya bertetangga tersebut saling tukar informasi dan kondisi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di masing-masing wilayah. Dan, diketahui ada beberapa hal yang pada pelaksanaan di lapangan masih harus dibenahi dan dilengkapi.

Sekretaris Diskominfo Ponorogo Wahyu Paripurnawan yang memimpin rombongan usai kegiatan menyatakan, beberapa hal di Diskominfo Pacitan bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan untuk meningkatkan kinerja Diskominfo Ponorogo. Salah satu contohnya adalah kemasan presentasi destinasi wisata Pacitan melalui media audio visual garapan Diskominfo Pacitan yang cukup memanjakan mata. Hal ini dikembangkan untuk turut membangun wisata Ponorogo.

Hal lain adalah keberadaan dashboard statistik Pacitan. Dengan dashboard ini statistik ini, berbagai data sektoral tentang wilayah bisa diketahui dengan baik. Sehingga, banyak hal bisa diputuskan dengan baik oleh masyarakat bila bisa memanfaatkan data yang disajikan dengan baik.

“Hal-hal seperti inilah yang bisa kita jadikan bahan dan catatan untuk berbenah dalam mendukung kinerja pemerintahan di Ponorogo,” ungkapnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan sangat mengapresiasi lawatan dari Diskominfo Ponorogo. Menurutnya, keduanya bisa saling berbagi dan mengevaluasi hal-hal yang perlu dibenahi di masing-masing wilayah.

“Kita ini kan sebenarnya sama saja, ya beda tipis. Tapi mungkin ada yang mungkin kita punya lebih dulu, seperti dashboard statistik. Dan itu mungkin bisa ditiru oleh Ponorogo,” ucapnya.

Diterangkannya, dashboard statistik yang dimiliki Diskominfo Pacitan memungkinkan para pimpinan daerah untuk mengakses data yang diperlukan setiap saat. Dengan begitu bisa dilihat perkembangan sektor-sektor yang menjadi program prioritas bupati bisa terpantau dengan baik.

Di bidang informasi, lanjut Rachmad, Diskominfo Pacitan terus menuai prestasi di tingkat nasional maupun tingkat provinsi. Seperti PPID Award dan pemberdayaan masyarakat melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). (kominfo/dist)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.