APBD 2019 mendatang yang diawali musrenbang 2018 diharapkan melahirkan anggaran yang lebih banyak disalurkan pada belanja yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat memimpin musrenbang 2018 di Gedung Sasana Praja, Rabu (28/3/2018).

BELANJA daerah yang berupa administrasi umum akan dikurangi pada APBD 2019 mendatang. Anggaran yang ada harus lebih banyak disalurkan pada belanja yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dalam Musyawarah Rencana Pembangunan 2018 Dalam Rangka Menyusun RKPD Kabupaten Ponorogo 2019 di Gedung Sasana Praja, Rabu (28/3/2018). Bupati Ipong mengatakan akan mengajak seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada untuk menyongsong pola pembangunan yang efisien. Hal ini untuk menyikapi kondisi keuangan daerah yang terbatas namun kebutuhan daerah dan warganya tidak terbatas.

“Untuk itu perlu dilakukan efisiensi. Saya minta kepada Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) dan pak Sekda (Sekretaris Daerah), dalam penyusunan APBD 2019 yang kita mulai dengan musrenbang kali ini mengurangi belanja administrasi umum. Itu seperti perjalanan dinas, pembelian kertas, honor dan sejenisnya,” ungkap Bupati Ipong di sela Musrenbang 2018.

Bupati Ipong mengatakan, sebenarnya sejak 2016, 2017 dan 2018, anggaran belanja administrasi umum ini telah dikurangi. “Tapi saya ingin itu terus dikurangi,” ucapnya.

Dijelaskan Bupati Ipong, saat ini kondisi keuangan daerah di seluruh Indonesia memang terbatas. Bahkan hampir tidak ada peningkatan jumlah alokasi dana dari pusat untuk kabupaten/kota yang ada termasuk Ponorogo. Hal ini karena memang kondisi nasional yang mengalami penurunan perekonomian sehingga transfer dana kepada daerah-daerah stagnan cenderung menurun.

Salah satu peserta musrenbang saat menyampaikan aspirasinya kepada bupati.

Sementara, lanjutnya, keinginan masyarakat dalam membangun selalu tumbuh dan tidak terbatas. Contohnya, kata Bupati Ipong, hasil musrenbang tingkat kecamatan telah mencatat kebutuhan anggaran sampai sekitar Rp3 triliun.

“Itu baru untuk pembangunan fisik saja. Padahal APBD kita cuma sekitar Rp2,1 triliun dan sekitar Rp1 miliar itu sudah untuk belanja rutin (gaji pegawai). Jadi gap (jarak) itu memang semakin lebar,” ungkap Bupati Ipong.

Bupati Ipong menyatakan, pada penyusunan RAPBD 2019 yang diawali dengan musrenbang 2018 tetap didasarkan pada tujuan utama hadirnya pemerintah dan negara. “Yaitu kesejahteraan masyarakat. Di mana sesuai prioritas kita di tahun 2019 APBD kita difokuskan pada pengembangan pariwisata, budaya, religi dan agro industri yang didukung oleh infrastruktur yang kuat,” ulasnya.

Menurutnya perlu muncul berbagai strategi dan program untuk meneruskan program desa wisata yang saat ini jumlahnya sudah mencapai sekitar 85 desa. Di antaranya memunculkan desa wisata unggulan. Program one village one product yang sudah ada bisa diteruskan namun semakin dikuatkan di desa-desa tertentu.

“Outputnya, nanti di akhir 2019 kita bisa melihat semakin banyak wisatawan yang datang ke Ponorogo,” kata Bupati Ipong.

Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suban Wahyudiono saat memberikan sambutan mewaliki Gubernur Jawa Timur.

Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suban Wahyudiono yang hadir mewakili Gubernur Jatim dalam sambutannya berharap agar musrenbang bsia menjadi ajang untuk menghadirkan pembangunan yang efektif dan efisien. Hal-hal yang dibahas sebisa mungkin sinkron dengan rencana pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Sebab, pembangunan nasional merupakan agregat (kumpulan) dari pembangunan daerah,” ujarnya. (kominfo/dist)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2016 PPID KABUPATEN PONOROGO

Log in with your credentials

Forgot your details?

wso shell IndoXploit shell c99 shell instagram takipçi hilesi hacklink wordpress download hacklink Google mersin escort